3 Rahasia Sukses Exercise dari Para Ahli

Mau tahu kabar baik dari para ahli exercise dan pelaku exercise yang sukses? Mereka telah mengungkapkan tips dan trik paling top yang biasa mereka gunakan untuk mendapatkan hasil optimal dari rutinitas exercise mereka.

Menjadi tetap fit tidak ayal lagi merupakan hal yang menantang. Kebanyakan dari kita masih merasa berat hanya untuk bangkit dari tempat duduk yang nyaman kemudian melakukan exercise. Jadi, apa sih rahasia orang-orang yang berhasil membuat exercise menjadi bagian dari gaya hidup mereka?

rahasia sukses exercise

3 Rahasia Sukses Exercise dari Para Ahli.

Rahasia sukses Exercise #1: Konsisten.

Chase Squires, pria tengah baya 42 tahun dari Colorado, bukanlah ahli fitness. Dulu berat badannya sekitar 93 kg –tidak sehat untuk badannya yang setinggi162 cm. Namun suatu saat dia memutuskan; “Cukup sudah makanan berlemak!”, lalu mulai melakukan latihan dengan treadmill. Berangsur berat badannya turun dan ia bisa lari maraton. Wow maraton! Tidak jauh sih, cuma 80 kilometeran. Itu waktu tahun 2003. Dan sejak itu hingga sekarang 2014,  dia sudah menjalani lari maraton sebanyak 50 ribu kali dengan variasi jarak 80 km atau160 km. Wow!

Mau tahu rahasianya?

Squires bilang, “Saya bukannya cepat, tapi saya KONSISTEN.”

Mantap!

Percaya atau tidak, itu semua berawal hanya dari 20 menit latihan treadmill. Dia menambahkan, “Perbedaan Saya dengan orang lain yang berusaha keras latihan adalah Saya melakukannya setiap hari. Tidak ada program exercise yang bisa berhasil kalau Anda tidak melakukannya secara konsisten.”

OK.

Konsisten. Catat itu.

Rahasia sukses exercise #2: Ikuti rutinitas exercise yang efektif.

Konsulat Exercise di Amerika atau American Council on Exercise (ACE) baru-baru mengadakan survei tentang teknik terbaik agar tetap fit kepada seribu Personal  Trainer bersertifikat . Hasilnya, tiga teknik teratas mereka adalah:

Latihan kekuatan.

Walaupun Cuma 20 menit sehari, dua kali sepekan, latihan kekuatan cukup untuk menguatkan seluruh tubuh.

Latihan interval.

Latihan interval yang paling dasar adalah jalan dua menit, lari dua menit, selang-seling selama latihan berlangsung. Cara ini sangat efisien waktu dan sangat produktif.

Meningkatkan latihan kardio/ aerobik.

Disarankan melakukan total 60 menit atau lebih dalam sehari dari tingkat rendah ke sedang lalu ke tingkat yang paling intens. Seperti berjalan, lalu lari, lalu menari.

Rahasia sukses exercise #3: Pasang target yang realistis.

Jangan berambisi menjadi sempurna atau memasang target yang tidak bisa dicapai. Itu menurut juru bicara International Health Racquet and Sportsclub Association (IHRSA). Fokuslah pada peningkatan perilaku sehat.Dengan kata lain, tak perlu khawatir kalau kita belum sanggup lari 5 km. Jadikan saja dulu kebiasaan berjalan selama 15 menit. Jika sudah terbiasa, secara bertahap, tambahlah durasi, lalu jarak, dan lalu intensitas. Siip!

OK, tiga rahasia top sudah kita kuak; konsisten, latihan yang efektif, dan target yang realistis. Karena sekarang bukan rahasia lagi, maka saatnya Take Action!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *