7 Cara Tepat Merawat Rambut setelah Dipotong

tips merawat rambut setelah dipotongRambut adalah mahkota bagi setiap orang, terutama bagi wanita. Mereka sangat memperhatikan tampilan rambut mereka. Selain itu, kesehatan rambut juga perlu diperhatikan dalam merawat rambut. Salah satu cara merawat rambut adalah dengan memotongnya secara berkala di ujung-ujung rambut. Setelah itu, lakukanlah tips merawat rambut setelah dipotong.

Coba 7 tips merawat rambut setelah dipotong yang benar ini

Pergantian beberapa model rambut dapat dilakukan dengan cara memotongnya. Setelah memotong rambut, tentunya kita tidak dapat membiarkannya begitu saja. Kita harus tetap merawatnya agar dapat tumbuh dengan sehat. Inilah tips merawat rambut setelah dipotong:

  1. Pilihlah shampo yang cocok dan tepat sesuai tipe rambut Anda.

Salah satu kebutuhan yang digunakan untuk keramas adalah shampo. Shampo digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Berbagai produk shampo dapat dijadikan pilihan untuk perawatan rambut. Namun, tidak semua jenis shampo dapat cocok dengan kondisi rambut kita. Apabila tidak cocok, maka dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, dan rambut menjadi kering serta bercabang. Berganti-ganti jenis shampo pun tidak dianjurkan karena dapat juga menyebabkan kerontokan yang berlebih. Maka gunakanlah jenis shampo yang sesuai dengan kondisi rambut dan pakailah jenis shampo tersebut terus-menerus.

  1. Gunakan kondisioner pada rambut.

Shampo berperan sebagai sabun untuk rambut kita. Meskipun dengan shampo kita merasa bahwa kesehatan rambut terjaga, namun sebenarnya belum tentu. Dengan adanya kondisioner dapat menjaga kesehatan rambut lebih sempurna dalam tips merawat rambut setelah dipotong, karena kondisioner akan segera mengembalikan kelembaban rambut serta melindungi setiap helai rambut.

Sudah banyak produk kondisioner yang dapat kita gunakan. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, yakni menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner digunakan tanpa air pun bisa. Kondisioner ini akan membuat rambut kita lebih halus dan bersih.

  1. Jangan mencatok dan mewarnai rambut terlalu sering.

Kebiasaan mencatok rambut merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik. Hal ini mungkin akan membantu kita untuk membuat tampilan lebih menarik untuk sementara, namun efek negatif yang diberikan dapat lebih besar dari pada keuntungannya. Rambut akan menjadi kering dan mudah rontok. Terlebih jika kita sering gonta-ganti warna rambut, maka rambut akan rentan untuk patah sehingga kesehatan rambut menjadi kurang baik.

  1. Kebiasaan keramas.

Setelah seharian beraktivitas, maka banyak kotoran atau debu yang hinggap ke rambut kita. Hal ini membuat rambut kita tidak sehat dan dapat menimbulkan ketombe atau gangguan yang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan keramas yang rutin untuk membersihkannya. Namun, perawatan rambut yang baik dan benar adalah jangan terlalu sering keramas ataupun terlalu jarang berkeramas. Hal ini sama-sama memiliki akibat dapat merontokkan rambut dan apabila kita jarang keramas maka akan timbul ketombe yang menyebabkan gatal pada kulit kepala.

  1. Jangan terlalu sering mengikat rambut.

Bagi kalian yang memiliki rambut panjang, meskipun telah dipotong. Maka Anda akan lebih mudah merasa gerah. Oleh karenanya, mengikat rambut merupakan salah satu solusinya. Namun, apabila kita terlalu sering mengikat rambut akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan rambut kita, seperti mudah rontok. Terlebih ketika kita sedang tidur. Oleh karena itu, cara perawatan rambut rusak lepaskan ikatan rambut ketika kita sedang tidur.

  1. Jangan menggosok-gosok dengan handuk.

Setelah keramas, maka rambut kita akan terasa basah. Penggunaan handuk dalam tips merawat rambut setelah dipotong yang tepat ialah dengan menepuk-nepukkannya pada rambut dan biarkan rambut kering dengan sendirinya. Menggosok-gosok rambut dapat menjadikan rambut kering dan mengalami kerusakan/patah pada helai-helai rambut.

  1. Berikanlah udara segar pada rambut.

Tips ini ditujukan bagi para hijabers! Kita mengenakan hijab dalam aktivitas sehari-hari di luar rumah. Hal ini akan membuat lembab rambut sehingga menjadikannya lebih rentan terhadap kerontokan dan bau tidak sedap. Oleh karena itu, ketika kita sedang berada di dalam rumah, lepaslah hijab dan biarkan rambut memperoleh udara segar untuk merawat rambut dengan cara alami.

Demikian inilah tips merawat rambut setelah dipotong. Perawatan rambut juga perlu diperhatikan agar kesehatan rambuut tetap terjaga. Lakukanlah hal ini untuk mencegah rusaknya rambut, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum rambut terlanjur mengalami kerusakan berat, maka lakukanlah hal ini dengan rutin. Namun, jika rambut sudah rusak berat, maka Anda dapat berkonsultasi dengan ahli kesehatan rambut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *