Agar Kulit Cantik dan Kencang Setelah Usia 40 Tahun

Kecantikan kulit adalah aset yang tak ternilai harganya bagi setiap wanita, sehingga harus senantiasa dirawat dan dipertahankan. Sayangnya, kecantikan bisa memudar seiring bertambahnya usia. Memasuki usia 40-an tahun, biasanya akan mulai muncul tanda-tanda penuaan, seperti kerutan-kerutan di sudut mata, kantung mata yang mulai tampak, kulit mulai keriput, hingga kulit menjadi kendur di bagian-bagian tertentu.

Tanda penuaan ini terjadi karena produksi kolagen mulai berkurang. Kolagen merupakan senyawa alami di dalam tubuh, yang berperan mengikat sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk pula jaringan kulit. Kurangnya produksi kolagen ini menyebabkan pengikat jaringan kulit dan tubuh menjadi berkurang, sehingga kulit akan tampak kendur dan berkerut.

Penyebab berkurangnya produksi kolagen bisa bermacam-macam. Bisa disebabkan karena radikal bebas, kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh kulit, hingga masalah kurangnya kelembaban atau dehidrasi. Nah, pada artikel ini Kawanita.com akan membahas cara-cara agar tetap cantik dan awet muda setelah usia 40 tahun.

tips cantik awet muda setelah 40 tahun

Tips Agar Kulit Tetap Kencang Setelah Usia 40 Tahun.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit Anda tetap awet muda, terlihat kencang, dan bebas kerutan, antara lain sebagai berikut:

Mengurangi Penggunaan Sabun.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan sabun di kulit Anda. Sabun memang berguna untuk membersihkan kulit, namun juga ikut mengikis minyak alami yang dihasilkan kulit sebagai pelindung kulit dari kekeringan. Kulit yang kekurangan minyak alami akan mudah rusak akibat radikal bebas, penyebab utama keriput dan kerutan di kulit.

Alasan lainnya, karena semua sabun dibuat dari bahan kimia anorganik (Sodium Hidroksida), yang sedikit atau banyak dapat memberikan dampak negatif untuk kulit Anda, seperti masalah kulit kering dan kerutan. Untuk itu, jika ingin kecantikan kulit Anda terjaga hingga memasuki usia 40-an, mulai sekarang kurangi penggunaan sabun, dan beralihlah ke penggunaan bahan-bahan alami yang dapat berperan sebagai pembersih kulit, seperti beras sebagai scrub, daun sirih sebagai anti septik, dan bengkoang sebagai pencerah kulit.

Merawat Kulit dengan Masker Putih Telur.

Berikutnya, yang juga harus mulai Anda biasakan adalah merawat kulit dengan putih telur. Putih telur dapat Anda jadikan sebagai masker wajah. Khasiat masker putih telur adalah untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Cara membuat masker putih telur sangat mudah. Cukup kocok dan campurkan putih telur dengan 1 sendok teh perasan jeruk nipis, lalu balurkan di wajah. Pijat-pijat perlahan, dan diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sebaiknya berapa kali menggunakan masker putih telur ini? Masker putih telur ini sebaiknya digunakan 2 kali seminggu, agar khasiatnya bisa lebih maksimal. Jika Anda tetap rutin menggunakan masker putih telur ini, dijamin wajah Anda akan lebih kencang dan bebas kerutan, bahkan hingga memasuki usia 40-an.

Baca artikel sebelumnya: Khasiat dan Cara Membuat Masker Telur.

Merawat Kulit dengan Masker Kuning Telur.

Selain putih telur, kuning telur juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Khasiat masker kuning telur adalah untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Masker kuning telur dapat Anda gunakan setelah menggunakan masker putih telur.

Cara Membuat Masker Kuning Telur.

Cara sederhana membuat masker kuning telur untuk wajah, adalah sebagai berikut:

Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya. Putih telur dapat dijadikan masker putih telur, seperti sudah disebutkan sebelumnya pada langkah di atas.

  1. Kocok kuning telur hingga rata.
  2. Balurkan serta pijat-pijat di wajah.
  3. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air dingin.

Gunakan masker kuning telur ini setelah penggunaan masker putih telur, 2 kali dalam seminggu, agar kulit wajah Anda tetap lembab dan halus terawat. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit menjadi terlihat awet muda dan bebas kerutan.

Menjaga Kelembaban Alami Kulit dengan Lidah Buaya.

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit Anda dan membuatnya cerah terawat, adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera, merupakan bahan alami yang sangat banyak digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama kecantikan kulit dan rambut. Tidak heran, karena salah satu manfaat hebat aloe vera adalah untuk membuat kulit tetap lembab.

Selain sangat bermanfaat, cara menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit juga sangat mudah. Cukup dengan membelah aloe vera hingga gel atau lendirnya mudah diambil, lalu digunakan untuk memijat kulit.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkannya bersama mentimun serta sejumlah bahan lain, dan digunakan sebagai masker. Resep masker mentimun dan lidah buaya ini sudah bisa Anda baca pada tulisan sebelumnya: Cara Membuat Masker Mentimun dan Lidah Buaya.

Menjaga Kondisi Kulit dengan Lulur dan Masker Bengkoang.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan kulit adalah vitamin C, yang merupakan agen pencerah alami kulit. Selain mencerahkan kulit, vitamin C juga berperan menjaga kondisi sel kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Salah satu cara alami mendapatkan vitamin C untuk kulit Anda, adalah dengan menggunakan bengkoang.

Bengkoang dapat Anda manfaatkan sebagai masker wajah atau lulur untuk badan. Lulur dan masker bengkoang memang sudah terkenal khasiatnya dalam mencerahkan kulit dan memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Jadi, jika ingin kulit tetap cerah dan awet muda, mulai sekarang Anda harus rutin menggunakan bengkoang sebagai bahan perawatan alami kulit Anda.

Ssst.. rekomendasi produk dari Kawanita.com untuk masker dan lulur bengkoang alami, antara lain: Lulur Pemutih Organik dan Masker Wajah Organik, karena keduanya terbuat dari bengkoang alami dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Menutrisi Kulit dengan Minyak Zaitun.

Penyebab utama kerutan adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan, serta radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Radikal bebas ini bisa terdapat di alam, seperti polusi asap kendaraan, sinar UV, zat-zat kimia dari obat dan makanan yang Anda konsumsi, hingga bahan kimia dari produk kosmetik yang Anda sering gunakan di kulit Anda.

Nah, untuk mencegahnya terjadinya kerutan ini, kulit harus diberikan nutrisi yang dapat memperbaiki kerja sel, yaitu vitamin E. Vitamin E ini bisa Anda dapatkan dari minyak nabati tertentu, seperti minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun ini juga dapat berperan mengunci kelembaban kulit, sehingga terhindar dari masalah kulit kering.

Minyak zaitun dapat Anda gunakan dengan mudah, yaitu dengan mengoleskannya secara merata di kulit wajah, telapak tangan, punggung tangan dan lengan, serta tungkai, betis dan telapak kaki Anda. Saat terbaik menggunakan minyak zaitun di kulit adalah pada malam hari menjelang tidur. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim malam Anda. Rasakan perubahannya pada pagi hari ketika Anda bangun tidur.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulit Anda tetap cantik, kencang, awet muda, dan bebas kerutan, bahkan ketika memasuki usia 40-an. Bagi Anda yang masih muda dan remaja, cara-cara di atas juga bisa Anda mulai rutin lakukan dari sekarang, untuk mempersiapkan kulit Anda agar tidak mengalami masalah penuaan dini.

One thought on “Agar Kulit Cantik dan Kencang Setelah Usia 40 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *