Bagaimana Memilih Tabir Surya Yang Tepat untuk Kulit?

tips melindungi kulit agar tidak gelapSetiap kita, terutama para wanita mendambakan kulit yang cantik, putih, dan  sehat. Oleh karena itu, banyak sekali yang melakukan perawatan demi menjaga kesehatan kulit mereka, dan banyak juga yang menginginkan kulit mereka menjadi putih. Di Indonesia, banyak sekali orang yang berusaha agar kulitnya tampak selalu putih bersih. Tapi iklim tropis di Indonesia, membuat orang-orang Indonesia lebih cenderung memiliki warna agak kecoklatan.

Tapi jika dilihat dari sisi baiknya, sebenarnya orang yang memiliki kulit agak gelap sebagaimana mayoritas penduduk asia lebih diuntungkan. Karena secara tak langsung kulit mereka memiliki pelindung alami dari sinar ultra violet dengan pigmen coklat yang mereka miliki. Sehingg mereka sebenarnya tak membutuhkan perlindungan kulit yang terlalu merepotkan, terutama dalam cara memilih tabir surya yang tepat untuk kulit. Berbeda dengan orang-orang berkulit putih yang yang tingkat sensitifitas mereka terhadap paparan sinar UV sangat tinggi.

Dalam memilih tabir surya, orang Indonesia sebenarnya tak membutuhkan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi. SPF pada tingkat 15-20 sudah cukup untuk melindungi kulit orang Indonesia dari paparan sinar UV. Akan tetapi, dalam memilih tabir surya tidak hanya ditentukan pada tingkat SPF saja. Namun bentuk tabir surya serta jenis kulit juga sangat menentukan dalam cara memilih tabir surya yang tepat untuk kulit. Maka berikut ini akan saya berikan beberapa tips dalam memilih tabir surya yang tepat untuk kulit anda.

Cara Memilih Tabir Surya Sesuai dengan Jenis Kulit.

memilih sunscreen spf yang tepatPertama-tama, anda harus tahu lebih dulu apa jenis kulit anda. Apakah jenis kulit normal, berminyak, atau kering? Maka, anda dapat menentukan tabir surya yang tepat sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Misalnya saja jika anda memiliki kulit normal, maka anda termasuk beruntung karena jenis kulit ini jarang mengalami masalah. Maka untuk memilih tabir surya, anda dapat memilih yang berbentuk krim. Namun jika setelah pemakaian kulit anda menjadi berminyak, segera bersihkan tabir surya dan usap minyak di wajah anda dengan tisu. Gunanya, agar pori-pori anda tidak tersumbat sehingga dapat menyebabkan komedo dan masalah jerawat.

 Tabir Surya untuk Kulit Berminyak.

Jika kulit anda termasuk dalam kategori kulit berminyak, maka masalah yang anda hadapi sedikit sulit. Karena pada titik tertentu seperti pipi, dahi, dan daerah hidung, biasanya memiliki produksi minyak yang cukup tinggi. Orang yang memiliki kulit berminyak, biasanya wajahnya juga akan terlihat mengkilap, terkesan kasar, dan memiliki pori-pori yang cukup besar. Jika sampai terjadi penyumbatan pada pori-pori ini, maka biasanya dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pilihlah tabir surya berbentuk cair atau jel. Selain mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV, juga dapat mengurangi produksi minyak sehingga kulit anda lebih kering.

Tabir Surya yang Cocok untuk Kulit Kering.

Dan bagi anda yangmemiliki kulit kering, masalah yang anda hadapi terletak pada kulit anda yang cukup sensitive dan biasanya memiliki tingkat sebum yang rendah. Kulit anda juga terkesan kencang karena tak mampu mempertahankan kelembaban yang dimilikinya. Sehingga kulit anda akan terasa kering dan sangat kurang nyaman. Oleh karena itu, anda bisa memilih jenis tabir surya yang juga bisa membantu mempertahankan kelembaban kulit anda. Maka tabir surya berbentuk losion dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Tapi usahakan pilih yang kental, dan jangan memilih losion yang terlalu encer agar tahan lama dan tidak mudah menguap.

Tips Lainnya Mengenai Tabir Surya:

Cara memilih tabir surya yang tepat untuk kulit ini juga harus anda imbangi dengan tips-tips lain. Contohnya seperti waktu pemakaian tabir surya yang tepat, maka anda juga harus lihat lokasi tempat anda berada saat itu. Jika anda menggunakan pada lokasi normal seperti di rumah atau hanya sekedar untuk perlindungan tambahan ketika keluar rumah, anda dapat menggunakan tabir surya setiap 2 jam sekali jika kegiatan anda di luar rumah. Dan jika anda berada di kawasan yang tingkat paparan mataharinya cukup tinggi seperti di pantai, maka anda harus mengulang setiap 15-20 menit sekali untuk perlindungan maksimal. Dan satu lagi, gunakan tabir surya 15-20 menit sebelum anda mulai melakukan kegiatan di luar ruangan.

 

Semoga artikel mengenai cara memilih tabir surya ini bermanfaat buat Anda. Baca pula artikel Kawanita.com sebelumnya, yang berjudul Cara yang Tepat Merawat Kulit Sesuai Jenis Kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *