Bahan Nabati yang Berkhasiat untuk Merawat Kulit

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, trend penggunaan bahan-bahan alami, baik sebagai bahan pangan, maupun sebagai bahan perawatan kulit, semakin meningkat. Meski di pasaran bisa dengan mudah dijumpai produk-produk perawatan kulit, namun pilihan tetap jatuh pada penggunaan bahan alami untuk dijadikan bahan utama untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Pada artikel kali ini Kawanita.com, akan mengupas berbagai informasi seputar penggunaan bahan nabati untuk kosmetika dan sebagai bahan perawatan kulit. Semoga dapat memberi inspirasi, dan dapat menambah pengetahuan seputar perawatan kulit secara alami. Disimak, ya!

Bahan Nabati yang Berkhasiat untuk Merawat Kulit

Tuhan menganugerahkan kepada negara kita kesuburan tanah dan kekayaan akan beragam jenis tanaman yang berkhasiat. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan, beragam hasil dari tanaman tersebut juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bahkan, berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit yang bernilai ekonomi tinggi, dihasilkan dengan menggunakan bahan-bahan nabati tersebut sebagai bahan dasarnya.

Berikut ini sejumlah bahan nabati yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit:

Alpukat.

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang mengandung lemak dan minyak alami. Lemak dan minyak ini dapat dimanfaatkan untuk melapisi kulit agar kulit tidak mudah mengalami kekeringan, sehingga alpukat sangat cocok digunakan untuk merawat kulit kering.

Selain lemak, alpukat juga mengandung berbagai mineral yang dapat membantu menutrisi kulit, membuat kulit lebih terasa kenyal dan awet muda, serta berbagai khasiat lainnya.

Khasiat alpukat untuk kulit ini bisa didapatkan dengan cara melakukan pengolahan terhadap alpukat, untuk diambil minyaknya, yaitu minyak alpukat. Minyak alpukat ini kemudian bisa digunakan untuk merawat kulit, misalnya dengan menjadikannya pengganti krim malam.

Cara lainnya adalah dengan menjadikan buah alpukat sebagai masker nabati, yaitu masker wajah yang diolah langsung dari buah alpukat dengan penambahan bahan-bahan tertentu. Baca langkah-langkah mengenai ini pada artikel Cara Membuat Masker Alpukat.

Bengkoang.

Bahan nabati bengkoang juga sering dijadikan tambahan bahan kosmetik dan perawatan kulit. Bahan ini cukup populer, dengan khasiat yg sangat hebat. Khasiat bengkoang terutama adalah untuk mencerahkan kulit. Vitamin C yang banyak terkandung dalam bengkoang bisa dimanfaat untuk mencerahkan wajah secara alami.

bengkoang untuk perawatan kulit nabati

Untuk mendapatkan segala khasiat hebat dari bengkoang, biasanya bengkoang diolah sedemikian rupa untuk diambil patinya. Pati bengkoang ini kemudian bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan juga bahan perawatan kulit, biasanya berupa masker wajah ataupun lulur. Bahkan, dengan proses lanjutan tertentu, pati bengkoang ini bisa dibentuk lagi menjadi lotion maupun krim, yang juga sangat berkhasiat.

Apabila Anda ingin mencoba salah satu bahan perawatan kulit dari bengkoang ini, Anda dapat mencoba Masker Wajah Organik yang dibuat dari sari bengkoang dan juga beras, serta sejumlah bahan tambahan lain.

Beras.

Kurang lengkap rasanya kalau membahas bahan nabati tanpa membahas mengenai beras. Beras adalah makanan pokok dan utama di Indonesia. Selain sebagai makanan pokok, sejak dahulu beras digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Hampir di semua daerah, beras dijadikan bahan utama untuk merawat kulit, seperti lulur dan masker tradisional. Selain karena khasiatnya yang sangat baik untuk kulit, sifat beras yang netral menyebabkan beras bisa dengan mudah dikombinasikan dengan bahan nabati lainnya, untuk dijadikan bahan perawatan kulit tertentu. Selain itu, beras juga cocok untuk digunakan pada berbagai jenis kulit.

kentang untuk perawatan kulit nabati

Kentang

Selain bengkoang, bahan nabati kentang juga kini semakin banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan perawatan kecantikan. Hal ini tentunya karena khasiat kentang yang cukup banyak untuk kulit, antara lain:

  • untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata;
  • mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan, dan mencegah penuaan dini;
  • perawatan untuk kulit iritasi, baik yang terjadi akibat terpapar sinar matahari maupun akibat salah penggunaan kosmetika;
  • menyamarkan dan menghilangkan bercak/noda hitam di wajah; dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan khasiat-khasiat hebat dari bahan nabati kentang tersebut, biasanya kentang digunakan sebagai masker wajah. Bisa dengan direbus terlebih dahulu, ataupun digunakan secara langsung di kulit.

Ubi manis.

Ubi rambat atau ubi manis juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit. Hal ini memang belum cukup populer, namun sebenarnya khasiat ubi sangat banyak untuk kulit, antara lain:

  • untuk mengurangi minyak berlebih di wajah;
  • digunakan sebagai toner alami untuk memperbaiki tekstur kulit;
  • menghaluskan kulit;
  • mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini;
  • menghaluskan telapak kaki;
  • dan mencerahkan area gelap di sekitar mata.

Bahan Nabati Lainnya.

Selain bahan-bahan yang sudah dibahas di atas, masih banyak bahan nabati yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat kulit, seperti:

  • Daun sirih, untuk dimanfaatkan sebagai antiseptik (antikuman) yang dapat mengobati jerawat. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai penyegar mulut alami;
  • Kunyit, dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah;
  • Minyak zaitun, yang didapatkan dari buah zaitun, dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit secara umum, karena kandungan vitamin E yang cukup tinggi.
  • Mentimun, untuk mengencangkan kulit dan menyegarkan area sekitar mata.

Nah, ternyata sangat banyak bahan nabati yang bermanfaat untuk kulit, bukan? Saatnya beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan kulit.

2 thoughts on “Bahan Nabati yang Berkhasiat untuk Merawat Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *