Cara Membuat Handbody Racikan Pelembab Kulit Alami

cara membuat lotion racikan pemutihDi berbagai toko kini dengan mudah didapati produk perawatan kulit, seperti hand and body lotion dan aneka krim dengan beragam khasiat dan manfaat. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah hampir semua produk perawatan kulit itu dibuat menggunakan berbagai bahan kimia anorganik, dengan berbagai tujuan, antara lain sebagai pengawet, hingga untuk menekan biaya produksi. Padahal, tidak semua bahan kimia anorganik bisa sesuai untuk kulit Anda. Penggunaan produk dengan bahan kimia anorganik secara terus menerus juga dapat membuat kulit Anda mengalami berbagai  gangguan, kerusakan, ketergantungan, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mencegahnya alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat sendiri produk perawatan kulit itu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman. Pada artikel kali ini Kawanita.com akan berbagi cara membuat handbody lotion racikan menggunakan bahan alami. Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Handbody Lotion Racikan Bahan Alami.

Pembuatan handbody lotion racikan untuk memutihkan kulit yang akan dibahas berikut ini seluruhnya menggunakan bahan-bahan alami, yang relatif aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Bahan-bahan untuk membuat handbody racikan.

Bahan yang digunakan untuk meracik lotion ini, antara lain:

  • Beeswax atau lilin lebah madu.
    Beeswax merupakan produk sampingan yang dihasilkan dari peternakan lebah madu. Sering digunakan pada pembuatan produk-produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti lotion, krim dan salep. Beeswax bisa didapatkan langsung di peternakan lebah madu terdekat, atau dari distributor.
  • Minyak nabati.
    Minyak nabati yang digunakan adalah minyak kelapa atau minyak zaitun. Untuk kulit yang ekstra kering, dapat juga menggunakan minyak alpukat. Minyak alpukat bisa didapatkan di sini.

Perbandingan 2 bahan di atas adalah 1:1. Artinya, setiap 1 bagian beeswax harus disiapkan pula sebanyak 1 bagian minyak nabati.

Langkah pembuatan dan meracik handbody.

Setelah 2 bahan di atas disiapkan, maka langkah-langkah pembuatan handbody lotion racikan ini sudah bisa dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk

  1. Langkah pertama adalah mempersiapkan beeswax. Beeswax biasanya dijual dalam bentuk lilin padat. Untuk itu, agar bisa digunakan lilin beeswax ini harus dilelehkan atau dicairkan terlebih dahulu, dengan cara dipanaskan. Gunakan wadah anti lengket untuk mengencerkan beeswax.
  2. Panaskan pula minyak nabati pada wadah yang lain, selagi beeswax diencerkan.
  3. Setelah beberapa menit, beeswax akan benar-benar encer, dan minyak nabati sudah cukup panas. Kedua bahan sudah bisa dicampurkan. Gunakan wadah yang lebar seperti nampan untuk mencampurkan bahan.
  4. Optional: Tambahkan pula beberapa tetes minyak esensial kesukaan Anda pada saat mencampukan beeswax dan minyak nabati, untuk menambahkan aroma pada lotion yang Anda buat.
  5. Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan sejenak hingga suhu turun.
  6. Siapkan wadah penyimpanan berpenutup, misalnya jar bekas krim/lotion. Setelah campuran sudah cukup dingin, masukkan campuran ke dalam wadah tersebut, lalu tutup rapat. Krim lotion Anda sudah siap digunakan!

Tips:

Konsentrasi takaran beeswax dan minyak nabati dapat mempengaruhi kepadatan lotion/krim yang Anda buat. Apabila krim/lotion terlalu padat atau keras, tambahkan sedikit demi sedikit minyak nabati. Begitu pula sebaliknya, jika krim/lotion terlalu encer, maka perlu ditambahkan sedikit demi sedikit beeswax.

Khasiat Lotion

Khasiat handbody lotion yang dibuat pada artikel ini, antara lain adalah untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Lotion ini dapat digunakan pada seluruh bagian tubuh, telapak dan punggung tangan, dan termasuk pula pada telapak kaki untuk mengatasi masalah telapak kaki dan tumit pecah-pecah.

Handbody ini bekerja mengunci kelembaban di kulit, serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit (lemak dan vitamin E dari minyak nabati), sehingga membuat kulit lebih sehat secara umum. Kulit yang sehat akan tampak lebih berseri dan cerah.

Krim atau lotion yang Anda buat ini dapat pula dijual, dipasarkan, atau dihadiahkan untuk keluarga dan sahabat Anda. Tinggal dibuatkan kemasan yang menarik, tuliskan bahan-bahan serta cara penggunaannya. Tentu saja, keunggulan krim atau lotion yang Anda buat ini lebih aman untuk semua jenis kulit.

Nah, demikianlah tulisan mengenai cara membuat krim dan lotion racikan dari bahan alami. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Baca pula artikel sebelumnya: Cara Membuat Minyak Alpukat untuk Kulit Kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *