Cara Membuat Masker Peeling Wajah Alami dari Mentimun

Peeling wajah atau peeling mask merupakan metode perawatan kulit menggunakan masker wajah yang bisa dikupas, sehingga bisa dibersihkan meski tanpa menggunakan air. Peeling mask biasanya lebih menyenangkan saat digunakan, terutama pada saat mengangkat masker dengan cara mengupasnya. Biasanya kotoran, komedo, dan sel kulit mati akan ikut terangkat bersama masker ketika masker dikupas.

membuat peeling mask mentimunMasker peeling wajah bisa Anda temukan di berbagai toko kosmetik dan perawatan kulit, namun biasanya dibuat menggunakan bahan kimiawi, padahal masker peeling wajah ini bisa Anda buat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan nabati dan alami. Bagaimana cara membuat peeling wajah ini? Kawanita.com kali ini akan secara tuntas membahas mengenai pembuatan peeling wajah alami menggunakan bahan nabati utama, yaitu mentimun.

Khasiat mentimun untuk kulit

Sebelum mempelajari cara membuat masker peeling wajah dari mentimun, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat buah mentimun untuk kulit. Mentimun memiliki banyak sekali nutrisi seperti vitamin dan mineral, yang berkhasiat untuk kulit. Karena kandungan dan khasiatnya yang hebat itu, sejak lama mentimun sudah digunakan sebagai bahan nabati untuk perawatan kulit di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Beberapa kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam mentimun, yang berkhasiat untuk kulit, di antaranya:

Air.
Air merupakan bahan utama untuk menjaga kelembaban, termasuk kelembaban kulit. Sebagian besar massa buah mentimun terdiri dari air, jadi kandungan air dalam buah mentimun sangat tinggi, yang bermanfaat untuk menghindarkan kulit dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Kulit yang terlalu sering dan terlalu lama mengalami dehidrasi, akan rentan mengalami iritasi, keriput, dan terkelupas. Selain itu, kulit yang dehidrasi juga akan terasa lebih kasar, sehingga kelembaban kulit harus selalu terjaga.

Potassium.
Potassium merupakan salah satu mineral yang diperlukan oleh kulit, terutama untuk menjaga kondisi sel kulit agar berfungi normal. Selain itu, potassium juga membantu kulit mencegah kerutan dan kekeringan.

Biotin.
Biotin berperan membantu menjaga kondisi kesehatan kulit secara umum, menghindarkan kulit dari gangguan di kulit seperti eksim, iritasi, eksim, serta peradangan dan gangguan jamur.

Vitamin C.
Vitamin C merupakan bahan alami utama yang berperan untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam di kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein utama pengikat jaringan kulit, yang membantu membuat kulit lebih kencang dan awet muda, serta bebas kerutan.

Vitamin A.
Vitamin A biasanya dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata, padahal vitamin ini juga memiliki khasiat untuk kulit, yaitu untuk membantu proses regenerasi kulit. Vitamin A dapat secara efektif mempercepat proses regenerasi sel kulit. Selain itu, juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Vitamin A juga dapat digunakan sebagai anti-inflamasi, yang membantu meredakan iritasi dan pembengkakan.

Vitamin B1.
Vitamin B1 membantu memperlancar aliran dan sirkulasi darah, terutama di bawah jaringan kulit. Sirkulasi darah yang lancar akan ikut memperlancar distribusi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit, sehingga kesehatan kulit akan lebih terjaga.

Cara Membuat Peeling Wajah Alami dari Mentimun.

Setelah mengetahui khasiat mentimun yang bisa didapatkan oleh kulit dan wajah, saatnya membahas bagaimana cara membuat masker peeling wajah alami dari mentimun.

Bahan-bahan yang digunakan.

Untuk membuat masker peeling wajah ini, dibutuhkan beberapa bahan, yaitu:

  • 1/2 buah mentimun segar organik, bersihkan, kupas, dan dipotong-potong.
  • teh hijau sebanyak 1 kantong celup.
  • 1/2 gelas air, didihkan.
  • 1/4 gelas gel aloe vera atau lida buaya
  • 1 sendok makan gelatin.

Cara Membuat dan menggunakan masker peeling wajah mentimun.

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya masuk pada langkah pembuatan masker. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Didihkan air dan teh hijau, lalu tambahkan gelatin hingga encer.
  2. Gunakan blender untuk melumatkan mentimun. Pastikan mentimun benar-benar lumat.
  3. Campurkan air teh dan gelatin yang sudah dibuat pada langkah pertama, dengan mentimun yang sudah dilumatkan, pada sebuah mangkok, lalu tambahkan gel aloe vera. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan sejenak hingga suhu menjadi hangat-hangat kuku.
  4. Selagi menunggu suhu campuran turun, basuh wajah Anda dengan air hangat lalu keringkan dengan menggunakan handuk bersih.
  5. Gunakan kuas wajah atau kuas kosmetik, balurkan masker ke seluruh area wajah, kecuali area sekitar mata dan bibir.
  6. Posisikan badan dalam posisi berbaring, lalu tempelkan irisan mentimun pada lingkar mata. Diamkan sejenak, tunggu hingga masker benar-benar kering dan agak mengeras.
  7. Setelah masker di wajah terasa dingin, masker sudah bisa dikupas. Lakukan pengelupasan dari tepi masker ke arah tengah wajah secara perlahan, hingga semua masker benar-benar terkelupas.

Apabila perlu, basuh kembali wajah dengan air hangat, lalu diakhiri dengan membasuh dengan air dingin.

Tips dan Anjuran Tambahan:

Gunakan pada sore atau malam menjelang tidur, agar kulit dan otot-otot wajah yang lelah setelah aktivitas padat di siang hari, menjadi rileks pada sore dan malam harinya.

***

Ternyata, membuat peeling mask dari mentimun sangat mudah, kan? Anda mungkin juga tertarik mencoba membuat masker dari bahan nabati, atau langsung mencoba produk perawatan wajah yang kami produksi, Masker Wajah Organik Sari Bengkoang. Selamat kembali beraktivitas.

3 thoughts on “Cara Membuat Masker Peeling Wajah Alami dari Mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *