INI DIA, IKAN TUNA TERMAHAL YANG PECAHKAN REKOR DUNIA!

ikan tuna termahal dunia
ikan tuna termahal dunia [sumber]
Biasanya, ikan tuna yang kita beli di pasar hanya seharga puluhan ribu rupiah per kilogram. Namun, seekor ikan tuna di Jepang ini dihargai sangat mahal. Berapa harganya? Mengapa bisa berharga sangat mahal? Berikut ini penjelasannya.

Pasar ikan Tsukiji di Tokyo baru saja menyelenggarakan lelang ikan yang di luar dari biasanya. Karena, yang ditawarkan dalam lelang tersebut adalah seekor IKAN TUNA RAKSASA, yang beratnya mencapai 222 kilogram!

Pemenang lelang tersebut adalah Kiyoshi Kimura, yaitu seorang presiden dari grup Kyomura Co., yang membawahi banyak gerai restoran dengan di seluruh Jepang. Hebatnya, di awal tahun ini Kiyoshi sudah mendapatkan ikan-ikan istimewa hasil lelang sebanyak 5 kali. Tahun lalu ia sudah merogoh kocek sebesar 37.500 USD, atau sekitar Rp. 522.000,- untuk membeli ikan yang ia menangkan di lelang. Dan ikan yang paling mahal dan memecahkan rekor dunia ini dihargai luar biasa mahal, yaitu 14 juta Yen. Nilai tersebut jika dirupiahkan, maka akan didapatkan angka sebesar 1,6 milyar rupiah! Bandingkan dengan ikan tuna (tongkol) yang sering kamu beli di pasar.

Jepang, Tuna, dan Jenis Tuna Termahal.

Ikan tuna spesial ini berjenis TUNA BLUEFIN, yang memang merupakan jenis ikan tuna yang harganya paling mahal di antara jenis tuna lainnya. Warga jepang sendiri memang doyan mengkonsumsi ikan jenis tuna. Untuk memenuhi pasokan kebutuhan tuna di Negara tersebut, tidak jarang mereka harus mengimpor dari Indonesia. Meski demikian, ikan tuna pemecah rekor dunia ini ternyata merupakan ikan lokal. Maksudnya, ikan ini ditangkap masih di sekitaran jepang. Tepatnya di Oma, prefektur Aomori. Di peta, wilayah ini terdapat di Jepang bagian utara.

Ikan tuna yang merupakan ikan favorit di Jepang, biasanya dikonsumsi di restoran-restoran ternama. Bagian favorit dari ikan tuna adalah bagian lemak perutnya, atau biasa disebut otoro. Sepotong lemak perut (otoro) dari ikan tuna bisa dihargai sangat mahal, hingga puluhan ribu yen.

ikan tuna rekor dunia
ikan tuna termahal dunia [sumber]

Mengapa Warga Jepang Sangat Senang Membeli Ikan Lelang dengan Harga Sangat Mahal?

Hal yang membuat ikan bluefin ini bisa dihargai sangat mahal dalam lelang tersebut, adalah karena ukurannya yang sangat besar (beratnya mencapai 222 kg), dan bentuknya yang dinilai indah. Masyarakat Jepang biasanya menganggap ikan tuna berukuran besar dan berbentuk indah, akan memiliki rasa yang lebih lezat.

Selain itu, masyarakat Jepang memang sangat doyan membeli ikan dan makanan-makanan dari hasil lelang, meski harus merogoh kocek yang sangat banyak. Ternyata, masyarakat Jepang percaya makanan yang didapatkan dari hasil lelang yang mahal akan membawa keberuntungan pada siapa saja yang mengkonsumsinya. Tidak hanya ikan, makanan-makanan lainnya juga sering dijadikan bahan lelang, seperti sayuran utuh, aneka daging, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *