Mengatasi Kerontokan Rambut dengan Minyak Zaitun

Masalah rambut rontok pada umumnya disebabkan oleh faktor genetik dan faktor nutrisi, namun tidak jarang juga disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti polusi, salah penggunaan produk perawatan rambut, penggunaan pewarna rambut, pola diet yang salah, pengobatan medis, serta sejumlah faktor lainnya. Masalah kerontokan rambut ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil.

Minyak zaitun tidak hanya populer dikonsumsi sebagai bahan makanan, tapi juga sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut tentunya karena minyak zaitun dapat memberikan khasiat dan manfaat positif untuk rambut. Nah, pada artikel kali ini Kawanita.com akan berbagi informasi mengenai khasiat minyak zaitun untuk rambut, serta bagaimana memanfaatkan minyak zaitun untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Disimak, yuk!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut.

minyak zaitun untuk rambutSeperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali khasiat yang bisa diperoleh dari minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk rambut antara lain adalah:

  • Mencegah produksi hormon DTH.
    Hormon DTH adalah penyebab terjadinya kerontokan rambut. Faktor-faktor penyebab kerontokan rambut yang sudah disebutkan di atas itu sebenarnya merangsang produksi hormon DTH ini. Nah, untuk mencegah atau mengurangi produksi hormon DTH, salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Dengan berkurangnya produksi hormon DTH ini, masalah kerontokan rambut pun bisa dicegah dan diminimalisir.
  • Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.
    Olive oil mengandung antioksidan yang sangat kuat, yang membantu menangkal kerusakan rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti polusi, sengatan sinar matahari, salah penggunaan produk perawatan rambut, dan lain sebagainya.
  • Kondisioner alami rambut.
    Minyak zaitun juga dapat membuat rambut lebih lembut dan terlihat lebih berkilau. Tidak heran kalau minyak zaitun merupakan bahan alami yang paling banyak digunakan sebagai conditioner alami rambut.
  • Melawan dan Mencegah Pertumbuhan Bakteri dan Jamur di Kulit Kepala.
    Ketombe dan gatal di kulit kepala biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri, yang bisa tumbuh kapan saja di kulit kepala (karena keringat, panas, debu, dan lain sebagainya). Nah, untuk masalah jamur dan bakteri di kulit kepala ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun bersifat antibakteri dan antiseptik.
  • Melancarkan sirkulasi darah.
    Pijatan di kepala dengan minyak zaitun dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit kepala. Dengan sirkulasi darah yang lebih lancar, proses distribusi nutrisi di bawah kulit kepala bisa lebih baik, sehingga rambut dan kulit kepala bisa ternutrisi dengan baik, yang tentunya akan membantu pertumbuhan rambut.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut. Meski minyak zaitun saja sudah cukup untuk memberikan kesehatan pada rambut, Anda bisa juga menambahkan bahan lainnya seperti minyak almond, rosemary, castor oil, dan lain sebagainya, untuk menambah khasiat dan manfaatnya untuk rambut.

Bagaimana Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut?

Berikut ini beberapa cara pemanfaatan minyak zaitun untuk rambut, yang bisa Anda coba di rumah:

Hot Oil Treatment.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun ini untuk rambut, adalah dengan menggunakan metode hot oil treatment. Hot oil treatment ini dilakukan dengan cara menghangatkan minyak zaitun hingga hangat-hangat kuku, sebelum diaplikasikan di rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun dengan metode hot oil treatment:

  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya. Sesuaikan dengan panjang/pendek rambut Anda.
  2. Panaskan minyak zaitun menggunakan wajan atau panci bersih, hingga hangat-hangat kuku. Anda bisa menambahkan aneka minyak esensial untuk menambah aroma wangi, misalnya minyak esensial lavender, melati, ataupun minyak esensial bunga mawar.
  3. Selagi minyak esensial dipanaskan, hangatkan handuk dengan uap dari air panas.
  4. Setelah minyak zaitun berada pada suhu yang hangat-hangat kuku, gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit kepala serta rambut secara keseluruhan. Lakukan pijatan secara merata selama 10 menit.
  5. Setelah melakukan pijatan, segera bungkus dan tutupi rambut dan kepala menggunakan handuk yang sudah dihangatkan. Cara ini dilakukan untuk mengunci suhu dan kelembaban. Diamkan hingga suhu berkurang.
  6. Bilas rambut dengan air bersih.

Masker Rambut Menggunakan Minyak Zaitun.

Metode lainnya untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun untuk rambut adalah dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut. Masker rambut dari minyak zaitun dapat dibuat dengan mengikut langkah-langkah berikut:

  1. Campurkan setengah gelas kecil minyak zaitun dengan kuning telur. Kocok hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan 1 sendok teh sari jeruk lemon atau jeruk nipis. Kocok kembali hingga semua bahan tercampur.
  3. Anda dapat menambahkan minyak esenseial dari aneka bunga, seperti lavender, untuk membuat aroma masker lebih wangi.
  4. Aplikasikan campuran yang sudah dibuat ini di rambut. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih.
  5. Gunakan shampoo dan kondisioner seperti biasa setelah menggunakan masker rambut ini.

Campuran minyak zaitun dan kuning telur dapat mencegah kerontokan rambut, membuat rambut lebih kuat, serta memperbaiki kerusakan rambut.

Tips Lainnya Seputar Kerontokan Rambut.

Selain menggunakan perawatan rambut menggunakan minyak zaitun seperti yang sudah dijabarkan pada langkah-langkah di atas, beberapa tips berikut ini juga bisa membantu dalam mengatasi kerontokan rambut:

  • Perbaiki pola diet.
    Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah pola diet yang kurang baik untuk rambut. Perkaya nutrisi Anda dengan almond, seafood, serta yogurt, untuk membuat rambut tetap sehat.
  • Kurangi stress.
    Ada baiknya juga bagi Anda untuk mengurangi tingkat stress. Lakukan relaksasi, rekreasi, serta istirahat yang cukup. Tidak hanya baik untuk kesehatan pikiran dan tubuh, stress yang minimal juga dapat membuat rambut lebih sehat dan terhindar dari kerontokan.
  • Lindungi rambut dari sinar matahari.
    Apabila keluar ruangan, gunakan penutup kepala seperti scarf, selendang, payung, ataupun jilbab. Terik matahari dapat membuat kerontokan rambut lebih rentan terjadi. Namun, jangan pula terlalu erat menutup rambut dan kulit kepala, karena dapat menjadikan masalah pula karena produksi keringat berlebih serta kelembaban yang telalu tinggi.
  • Perhatikan penggunaan produk perawatan rambut.
    Untuk merawat rambut Anda, prioritaskan penggunaan bahan organik dan perawatan rambut buatan sendiri menggunakan bahan alami. Apabila menggunakan produk dari bahan kimia, jangan gunakan terlalu sering. Hindari pula penggunaan pewarna rambut.

Ternyata, mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan mudah dengan bahan alami, bukan? Selamat mencoba tips-tips di atas. Tuliskan pengalaman Anda pada kolom komentar yang sudah disiapkan di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *