Khasiat serta Cara Membuat Minyak Alpukat Sendiri

cara membuat minyak alpukatMinyak alpukat adalah salah satu minyak nabati yang didapatkan dengan cara mengolah daging buah alpukat. Minyak alpukat bisa dimanfaatkan untuk minyak pangan, yaitu untuk dikonsumsi, maupun digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan industri kosmetika.

Pada artikel berikut ini Kawanita.com akan berbagi informasi mengenai khasiat minyak alpukat, serta bagaimana cara mendapatkan minyak alpukat.

Di Mana dan Bagaimana Cara Mendapatkan Minyak Alpukat?

Untuk mendapatkan minyak alpukat tentunya ada 2 cara yang bisa Anda tempuh, yaitu:

  • Membeli minyak alpukat yang sudah siap pakai.
    Anda bisa mendapatkan minyak alpukat yang sudah siap pakai, di toko-toko bahan makanan. Namun, tidak begitu banyak toko yang menjual minyak alpukat ini, karena popularitas minyak alpukat masih kalah dibandingkan dengan minyak nabati lainnya seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Apabila Anda tidak bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat, Anda bisa mencoba membelinya di internet. MinyakAlpukat.com adalah salah satu distributor minyak alpukat yang bisa Anda temukan di internet. Silakan mencoba membelinya di situs tersebut.
  • Mendapatkan minyak alpukat dengan cara membuat sendiri.
    Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan minyak alpukat adalah dengan membuatnya sendiri dengan mengolah buah alpukat hingga menjadi minyak. Cara ini akan kita bahas secara lebih lengkap di artikel ini, agar Anda bisa mencoba membuat sendiri minyak alpukat di rumah.

Cara Membuat Minyak Alpukat

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk membuat minyak alpukat, yaitu dengan cara:

Cold pressing;
Cold pressing adalah metode pembuatan minyak yang sering dilakukan pada industri skala besar. Dengan metode ini minyak yang dihasilkan bisa lebih banyak, namun sulit diimplementasikan pada skala rumah tangga karena peralatan yang diperlukan tidak sederhana.

Metode pemanasan;
Membuat minyak dengan metode pemanasan adalah cara pembuatan minyak alpukat yang paling mudah dan sederhana, sehingga lebih mudah diimplementasikan pada skala rumah tangga. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mudah dan Sederhana Membuat Minyak Alpukat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode pemanasan adalah metode yang paling mudah dan sederhana untuk membuat minyak alpukat. Metode dilakukan dengan memanaskan bahan dengan alat masak biasa selama waktu tertentu, hingga terbentuk minyak yang diinginkan. Teknis dari metode pembuatan minyak dengan pemanasan adalah sebagai berikut:

Bahan dan Peralatan yang Diperlukan.

Bahan yang diperlukan, antara lain:

  • 2 kg daging buah alpukat yang sudah tua.
    Untuk menghemat, Anda dapat memilih daging buah alpukat yang sudah tua, bahkan yang sudah busuk karena penuaan pun tidak apa-apa, karena alpukat yang membusuk karena penuaan bisa menghasilkan minyak yang lebih banyak.
  • 1 liter santan kelapa.
    Menambahkan santan kelapa dalam pembuatan minyak alpukat adalah pilihan saja. Dengan menambahkan santan kelapa, minyak alpukat yang Anda hasilkan tidak lagi murni 100% minyak alpukat, namun hasil yang didapatkan bisa lebih banyak. Dengan menambahkan santan kelapa, minyak alpukat yang didapatkan adalah campuran antara minyak alpukat dan minyak kelapa.
  • Peralatan yang diperlukan antara lain: kompor, set alat penggorengan, pisau dan blender, dan kain nylon.

Cara Pembuatan Minyak

Setelah semua bahan dan peralatan disiapkan, proses pembuatan sudah bisa dilakukan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil daging buah alpukat, masukkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan 1 liter santan kelapa, lalu lumatkan bahan menggunakan blender hingga menjadi bubur.
  3. Tempatkan campuran yang sudah dibuat tadi ke dalam wajan penggorengan, lalu panaskan menggunakan api sedang.
  4. Panaskan sambil terus diaduk-aduk selama 30 – 45 menit, atau hingga bahan yang dipanaskan menjadi agak kehitaman/kecokelatan.
  5. Matikan api setelah bahan menjadi kehitaman, lalu dinginkan hingga hangat-hangat kuku.
  6. Siapkan kain nylon, tuang hasil penggorengan tadi ke atas kain nylon, lalu peras dengan kuat hingga minyak keluar. Tampunglah minyak ini dalam wadah tertentu, lalu dinginkan.
  7. Setelah minyak cukup dingin, simpan dalam wadah berpenutup, seperti botol. Minyak alpukat sudah siap digunakan.

Tips Seputar Pembuatan Minyak Alpukat:

Untuk mendapatkan minyak alpukat yang 100% murni, lakukan metode yang sama, namun jangan tambahkan minyak kelapa. Minyak alpukat yang Anda hasilkan akan lebih sedikit, namun kemurniannya sangat tinggi.

Pilihlah alpukat yang sudah tua untuk mendapatkan minyak yang lebih banyak.

Alpukat jenis Hass biasanya menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan jenis buah alpukat lainnya. Sayangnya, buah alpukat varietas ini sangat jarang dikembangkan di Indonesia.

nutrisi dan khasiat minyak alpukat

Khasiat Minyak Alpukat

Minyak alpukat memiliki banyak sekali khasiat, di antaranya untuk kesehatan secara umum, serta untuk kesehatan kulit dan rambut. Berikut ini sejumlah khasiat yang bisa didapatkan dari minyak alpukat:

Khasiat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

Sebagai minyak nabati konsumsi (pangan), minyak alpukat memiliki sejumlah khasiat antara lain:

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol darah;
  • Mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan, serta berkhasiat menjaga kondisi kesehatan tubuh secara umum.
  • Memperbaiki sistem metabolisme dan fungsi tubuh, karena kandungan folat dan potassium, yang membantu perbaikan sel, jaringan tissu, dan organ-organ tubuh.
  • Kandungan vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah, sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Vitamin E berperan sebagai antioksidan serta berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel dan jaringan tubuh.
  • Vitamin B6 dalam alpukat berperan menjaga kondisi dan vitalitas tubuh secara umum.
  • Magnesium dalam alpukat merupakan mineral yang diserap oleh tubuh dan membantu memproduksi energi, serta berperan dalam relaksasi dan kontraksi otot.
  • Lutein, merupakan mineral yang membantu meningkatkan kesehatan mata.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, minyak alpukat bisa dikonsumsi secara langsung dengan dosis yang tepat, atau ditambahkan dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Minyak Alpukat untuk Kosmetika serta Perawatan Kulit dan Rambut

Minyak alpukat juga merupakan minyak nabati yang berkhasiat untuk perawatan kulit dan rambut, sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kosmetika. Khasiat minyak alpukat untuk kulit dan rambut, di antaranya:

  • Mencerahkan kulit.
    Kandungan vitamin C yang terdapat dalam alpukat berperan untuk mencerahkan kulit secara alami.
  • Menjaga elastisitas kulit, serta membuatnya awet muda dan bebas kerutan.
    Vitamin E dalam alpukat berperan untuk menutrisi kulit dan mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga membantu dalam proses regenerasi kulit, sehingga kulit menjadi terbebas dari kerutan dan garis-garis halus. Penggunaan secara rutin dapat membantu Anda tampak lebih muda.
  • Vitamin E untuk rambut.
    Vitamin E juga membantu memperkuat rambut dan membuat rambut lebih berkilau.
  • Mengatasi masalah kulit kering.
    Kandungan lemak nabati pada minyak alpukat dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering dan iritasi.

Untuk mendapatkan khasiat minyak alpukat ini, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pangan (dikonsumsi), dioleskan di kulit, dibalurkan di rambut, atau digunakan sebagai minyak pijat untuk tubuh.

Demikianlah pembahasan tuntas mengenai minyak alpukat serta bagaimana cara mendapatkannya, semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Silakan mencoba membuatnya di rumah, atau dapatkan langsung di toko yang menjual minyak alpukat.

One thought on “Khasiat serta Cara Membuat Minyak Alpukat Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *