Manfaat Jogging Setiap Hari, Kurangi Lemak Hingga Risiko Sakit Jantung

Jika ingin punya tubuh sehat dan bugar setiap hari maka saran paling sering kita temukan adalah olahraga juga setiap hari. Salah satu olahraga tersebut adalah jogging. Ya, kamu dapat memperoleh manfaat jogging setiap hari – dengan hanya menyisihkan waktu sekitar 20 menit saja.

Manfaat jogging tidak hanya bisa menurunkan berat badan yang mulai mengkhawatirkan itu tetapi juga bahkan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung. Ingat, ya, mengurangi risiko bukan berarti sama sekali terhindar dari penyakit kronis. Jadi, kamu bisa tetap melengkapi pola hidup sehat kamu dengan jaminan kesehatan terbaik di masa depan. Dengan begitu, kamu siap, khususnya secara biaya, menghadapi penyakit yang bisa saja mengjangkiti tubuh. Tidak hanya asuransi kesehatan, BPJS yang dihadirkan oleh pemerintah cukup terjangkau dan meng-cover hampir semua penyakit.

Kembali ke topik manfaat jogging setiap hari, berikut beberapa hal yang akan membuat kamu semakin semangat untuk berlari setiap pagi:

  1. Bakar lemak dalam tubuh

Iya tentu saja manfaat paling terasa adalah pembakaran lemak dalam tubuh. Kamu yang sedang dalam program diet disarankan untuk melakukan olahraga ini. Bahkan, jika kamu ingin menggemukkan badan sekalipun, olahraga ringan seperti jogging tetap disarankan. Ini karena olahraga berjenis aerobik ini dapat membuat otot-otot kamu kencang. Bagi para pria, perut six-pack bukan lagi impian! Jogging dapat membakar lemak dengan cara membantu tubuh memompa oksigen sehingga lemak dapat dibakar jadi energi.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jogging adalah salah satu olahraga kardiovaskular karena olahraga ini bisa meningkatkan jumlah detak jantung serta mendorong kerja paru-paru ke kapasitas paling tinggi. Selain itu, olahraga jogging juga menguatkan otot-otot tubuh. Maka tidak heran kalau jogging turut memberi pengaruh kuat dalam menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol jahat dan juga tekanan darah. Selain itu, kamu juga punya risiko lebih rendah mengalami diabetes apabila rutin jogging.

Namun tentu saja, sebagaimana sudah disinggung di awal artikel, jangan lupa pastikan kamu sudah jadi peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan tidak hanya memberikan jaminan kesehatan tetapi juga ada beberapa pemeriksaan gratis yang dihadirkan di berbagai fasilitas layanan kesehatan yang memungkinkan kamu mengecek kondisi kesehatan terakhir.

  1. Mengurangi rasa lelah

Jika kamu sering kelelahan atau malas untuk beraktivitas, itu bisa jadi karena kamu kurang berolahraga. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Georgia di tahun 2008 mendapati bahwa mereka yang jogging selama 20 menit dengan frekuensi 3 kali sehari – punya level energi yang meningkat hingga 65 persen.

  1. Mengubah suasana hati jadi bahagia

Yap! Tidak hanya secara fisik, jogging juga berpengaruh terhadap psikis. Kalau kamu rutin berolahraga jogging 20 menit saja setiap hari maka otak dipicu untuk melepaskan hormon bernama anti-stres. Peningkatan energi yang kamu alami juga secara langsung tidak langsung membuat kamu percaya diri. Tidak dipungkiri olahraga dapat mengubah suasana hati jadi lebih bahagia.

Nah, sudahkah kamu mulai untuk rutin jogging setiap hari? Yuk, mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu ya supaya tidak kram kaki. Selain itu, kamu bisa mulai dari jalan kaki terlebih dahulu, lari kecil hingga nantinya bisa lari cepat. Oiya, siapkan sepatu olahragamu agar kaki tidak lecet dan jogging kamu jadi lebih nyaman. Salam olahraga, semoga sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *