Melembabkan Bibir Kering dan Pecah dengan Cara Alami

Masalah bibir kering, pecah-pecah, iritasi, dan terkelupas, sering kali terjadi karena dehidrasi dan kekurangan cairan. Selain itu, faktor cuaca, nutrisi, serta faktor kesehatan dan kondisi tubuh, juga cukup sering memicu terjadinya masalah bibir kering ini.

Cara yang paling mudah dan instan, serta sering dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan lip balm, namun sayangnya tidak semua kandungan lip balm bisa cocok untuk kulit, terutama kulit sensitif. Selain itu, penggunaan lip balm juga tidak begitu efektif, karena biasanya terdapat lapisan kulit mati yang mengeras dan sulit ‘ditembus’ oleh bahan lip balm. Nah, agar masalah bibir kering ini bisa diatasi secara tuntas, ada 2 langkah mudah dan alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering

Membuat Scrub Gula untuk Mengatasi Bibir Kering dan Keras

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatasi masalah kulit mati di permukaan bibir. Kulit mati ini biasanya memiliki tekstur yang keras, pecah-pecah, serta rentan terkelupas. Anda bisa mengatasinya menggunakan handuk basah ataupun dengan menggosok bibir menggunakan sikat gigi, agar lapisan kulit mati ini terkikis. Namun, cara ini rentan menimbulkan luka.

bibir kering dan pecah

Cara paling mudah dan aman adalah dengan menggunakan scrub bibir yang bisa Anda buat sendiri dengan bahan alami. Berikut ini langkah membuat dan menggunakannya:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu 1 sendok teh minyak kelapa (coconut oil) dan setengah sendok teh gula pasir.
  2. Hangatkan minyak kelapa. Anda bisa menggunakan kompor atau microwave, namun kedua cara ini bisa membuat minyak menjadi sangat panas (yang akan melelehkan gula). Cara yang paling tepat adalah dengan merendam mangkok di wadah berisi air panas, lalu tuang/tempatkan minyak di mangkok tersebut. Cara ini akan membuat suhu minyak lebih bersahabat.
  3. Campurkan minyak kelapa dan gula hingga rata. Pastikan butiran gula masih terasa kasar, karena butiran inilah yang akan menjadi scrub yang mengikis kulit mati.
  4. Balurkan campuran yang sudah dibuat pada sekujur bibir secara merata. Diamkan selama 3 – 5 menit, agar kulit mati menjadi sedikit lunak setelah menyerap minyak kelapa.
  5. Gunakan ujung jari untuk memijat dan menggosok bibir. Cara ini akan dengan mudah mengikis lapisan kulit mati di permukaan bibir.
  6. Segera bilas setelah melakukan scrubbing.

Mengaplikasikan Pelembab Bibir

Langkah ke dua yang harus dilakukan setelah mengikis kulit mati di bibir, adalah mengaplikasikan pelembab alami pada permukaan bibir. Anda bisa langsung mengaplikasikan lip balm pada langkah ini. Namun, Anda bisa pula memilih cara alami yang sangat mudah, yaitu dengan menggunakan madu.

Madu dapat dijadikan bahan utama untuk merawat bibir kering, karena memiliki sifat antibiotik untuk mengatasi masalah iritasi. Sifat tekstur madu yang lengket dan kental dapat menempel dalam waktu yang lama di bibir, sehingga sangat baik untuk menjaga kelembaban permukaan bibir.

Cara Melembabkan Bibir Menggunakan Madu

  1. Siapkan bahan utama, yaitu setengah sendok teh madu murni. Dinginkan selama beberapa menit di lemari pendingin.
  2. Siapkan bahan tambahan, misalnya sari buah delima (setengah sendok teh). Buah delima yang sudah matang bisa menjadi pewarna alami untuk bibir. Selain itu, buah delima juga merupakan antioksidan yang sangat kuat, yang mampu melindungi sel kulit bibir dari pengaruh atau gangguan dari luar.
  3. Campurkan kedua bahan, lalu oleskan secara merata pada permukaan bibir. Olesan tebal bisa lebih baik, karena akan menyesuaikan sendiri pada permukaan bibir. Sebagian mungkin akan masuk ke mulut (jangan khawatir, karena rasanya enak dan tentunya juga menyehatkan), dan mungkin sebagian lagi akan melebar ke sekitar bibir.
  4. Anda dapat mengulanginya kapan saja bila perlu. Biasanya setelah 15 menit bahan madu akan meresap sempurna di kulit bibir. Anda dapat mengulangi lagi penggunaan setelahnya.

Tips Agar Masalah Bibir Kering Bisa Tuntas

Perlu diingat bahwa melembabkan bibir kering tidak bisa dilakukan secara instan. Bibir mungkin akan lembab, namun hanya berlangsung sementara, dan bibir kemudian akan kembali kering. Untuk itu, lakukan tips berikut ini agar masalah bibir kering bisa benar-benar tuntas:

  1. Lakukan scrubbing seperti yang dijelaskan pada langkah pertama di atas, setidaknya 2 kali seminggu. Anda bisa meningkatkan frekuensinya menjadi lebih sering bila perlu.
  2. Aplikasikan madu seperti yang dijelaskan pada langkah ke-2, setiap hari. Bila perlu, lakukan 2 – 3 kali dalam sehari agar kelembaban kulit benar-benar terjaga.
  3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh, tentunya dengan minum air yang cukup. Masalah kulit kering, termasuk kekeringan pada bibir, utamanya disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh.
  4. Penuhi pula asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C dan vitamin E.

Nah, demikianlah beberapa langkah dan tips mengatasi masalah bibir kering. Pada artikel yang lain juga akan dibahas mengenai cara membuat lip balm dengan bahan alami. Tuliskan pengalaman Anda dengan masalah bibir kering pada form komentar yang disediakan di bawah tulisan ini.

2 thoughts on “Melembabkan Bibir Kering dan Pecah dengan Cara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *