Merawat Kulit Secara Tepat Sesuai Jenis Kulit

merawat kulitDalam merawat kulit, anda tak bisa sembarangan dalam memilih cara perawatan kulit yang tepat. Karena perawatan yang anda lakukan, harus disesuaikan dengan jenis kulit yang anda miliki. Jika sampai anda salah dalam memilih perawatan kulit, bisa jadi kulit anda malah semakin bermasalah. Oleh karena itu, memilih jenis perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki adalah suatu keharusan. Maka mulailah mencari cara merawat kulit sesuai jenis kulit yang anda miliki.

Kulit setiap orang, memiliki jenis yang cukup beragam. Dan masalah yang mereka alami biasanya sesuai dengan jenis kulit yang mereka miliki. Untuk jenis-jenis kulit, terbagi menjadi beberapa kelompok. Ada kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan jenis kulit kombinasi. Maka untuk mendapat hasil maksimal dan menghindari masalah yang lebih serius, anda harus mencari perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki, terutama dalam memilih produk kecantikan. Maka untuk mengetahui apa jenis kulit yang Anda miliki, berikut ini saya berikan info tentang jenis-jenis kulit dan cara perawatanya.

Merawat Kulit Normal.

jenis kulit dan perawatannyaJenis kulit ini adalah kategori kulit sehat yang jarang sekali terkena masalah. Pori-pori yang dimiliki tidak terlalu besar, tidak berminyak, dan tidak kering serta kasar. Biasanya kulit jenis ini akan terasa halus dan nyaman setelah dicuci, dan kulit ini akan selalu tampak segar serta bersih serta akan terlihat lebih sehat ketika Anda rutin menggunakan krim malam.

Dalam perawatanya, kulit ini juga tidak terlalu “manja”, dan tidak perlu perawatan khusus. Anda cukup memilih facial wash yang berbahan lembut. Hal tersebut untuk mencegah masalah jerawat yang sesekali bisa terjadi. Agar lebih sehat, anda dapat menggunakan pelembab sambil diiringi dengan pijatan-pijatan halus dan teratur sebagai perawatan.

Perawatan Kulit Berminyak.

Kulit jenis ini biasanya sering sekali bermasalah dengan jerawat dan komedo. Biasanya, hal tersebut dikarenakan produksi minyak yang berlebih dan juga pembesaran pori-pori yang terjadi pada beberapa titik tertentu. Sehingga pada siang hari, kulit akan tampak mengkilap karena minyak. Sehingga debu dan kotoran mudah menempel pada kulit dan dapat menyumbat pori. Jika terus dibiarkan, maka bisa terjadi iritasi yang bisa menyebabkan jerawat atau menyebabkan timbulnya komedo.

Dalam perawatnya, Anda dapat menggunakan facial wash yang lembut untuk membantu membersihkan wajah Anda dari kotoran dan debu yang menempel. Lalu dapat dilanjutkan dengan menggunakan kapas yang sudah direndam ke dalam Astringent, lalu usapkan dengan lembut ke permukaan wajah Anda untuk menyegarkan kulit Anda kembali. Untuk mencegah kulit terlihat mengkilap, Anda dapat menggunkan pelembab yang berbentuk cair. Hal ini akan membantu kulit agar tetap kering dan lembab tanpa minyak lebih lama.

Merawat Kulit Kering.

Dalam menghadapi jenis kulit ini, memang terasa sangat tak nyaman. Memang jenis kulit ini jarang mengalami masalah jerawat karena pori-porinya halus, tapi kemampuanya untuk mempertahankan kelembaban yang dimiliki sangat rendah. Sehingga tak jarang jenis kulit ini akan terasa kencang, kering, dan tipis. Bahkan ketika dicuci, kulit malah akan terasa semakin menyusut sehingga terasa sangat kencang sekali. Belum lagi munculnya sisa kulit-kulit mati yang terkesan seperti tambalan yang tak nyaman untuk dilihat pada siang hari.

Jangan menggunakan toner, karena dapat membuat kulit terasa sangat perih. Tapi Anda dapat menggunakan cream malam untuk membuat kulit Anda lebih lembab dan terasa nyaman. Untuk perawatanya sendiri, Anda dapat memulainya dengan menggunakan cream pembersih, yang diamkan beberapa saat pada kulit untuk membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang menempel, lalu bersihkan dengan kapas. Setelah itu, Anda dapat membilasnya lagi dengan air dingin. Dan dapat pula diakhiri dengan menggunakan cream pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak terlalu kering.

Cara Merawat Tipe Kulit Sensitif.

Kulit jenis ini hampir mirip dengan kulit kering. Sesekali Anda akan menemukan sisa-sisa kulit mati pada siang hari yang meyerupai sisik kasar. Jenis kulit ini mudah sekali iritasi, kadang terasa gatal, kering, dan perih setelah dibersihkan dengan facial wash atau menggunakan toner. Maka untuk merawatnya, jangan pernah membersihkan wajah menggunakan sabun. Tapi gunakan lotion atau pembersih ringan yang mengandung hipoalergenik, serta dapat didukung dengan pelembab yang tidak mengandung parfum atau pewangi untuk mencegah iritasi dan membuat kulit lebih kuat.

Tipe Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya.

Kebanyakan wanita memiliki jenis kulit ini. kadang mereka merasa kulit halus dan tidak mengkilap pada bagian pipi, akan tetapi berminyak pada titik-titik tertentu. Hal ini juga berpengaruh pada timbulnya jerawat dan komedo pada titik yang lebih sering berminyak. Untuk perawatanya, Anda dapat menggunakan cream malam untuk melembabkan daerah yang kering. Agar daerah yang kering dengan daerah kulit yang mudah berminyak memiliki kelembaban yang seimbang. Atau Anda juga dapat menggunakan pelembab untuk seluruh permukaan kulit, tapi utamakan pada bagian kulit yang kering. Sedangkan pada pagi hari, anda dapat mencuci muka menggunakan facial wash untuk membersihkan kulit Anda dan mencegah kulit dari masalah komedo dan jerawat.

Itulah beberapa cara merawat kulit sesuai jenis kulit yang dapat Anda terapkan. Anda dapat memilihnya sesuai jenis kulit yang Anda miliki. Saya harap dengan cara-cara yang sudah saya sebutkan, dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kulit yang sering Anda alami.

Baca pula beberapa artikel Kawanita.com sebelumnya mengenai cara mengobati kulit yang rusak akibat salah penggunaan kosmetik. Selamat membaca kembali. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *