Resep Membuat Lip Balm untuk Bibir Kering

Masalah bibir kering memang sering kali merepotkan. Dehidrasi, hingga kondisi cuaca yang tidak bersahabat, bisa dengan mudah menyebabkan terjadinya masalah bibir kering ini. Cara yang biasanya dilakukan untuk mengatasi bibir kering, di antaranya:

  • Melakukan scrubbing pada bibir,
  • Melembabkan bibir menggunakan madu, atau
  • Menggunakan lip balm.

Melakukan scrubbing untuk mengikis sel kulit mati pada bibir, serta menggunakan madu untuk melembabkan bibir sudah dibahas pada artikel sebelumnya. (Baca: Cara Mengatasi Masalah Bibir Kering) Sementara, untuk mengatasi bibir kering menggunakan lip balm, akan dibahas pada postingan ini. Disimak, ya!

Efek Samping Penggunaan Lip Balm Kimiawi

menggunakan lip balmMengoleskan lip balm merupakan cara yang paling sering dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, warnanya yang natural membuat bibir tampak alami, sehingga sangat banyak digunakan bahkan ketika tidak benar-benar diperlukan. Padahal, penggunaan lip balm harusnya dilakukan hanya ketika diperlukan, misalnya saat hendak beraktivitas di luar ruangan, saat cuaca sangat terik atau sangat dingin, atau saat bibir benar-benar kering. Penggunaan lip balm secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek samping, antara lain:

Menggunakan lip balm bisa menyebabkan ketergantungan.

Penggunaan lip balm, terutama yang mengandung bahan kimia tertentu, bisa menyebabkan ketergantungan. Ketergantungan pada lip balm biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman ketika tidak menggunakan lip balm, bibir menjadi sangat kering ketika sesaat berhenti menggunakan lip balm. Keadaan ini menyebabkan seseorang harus terus menerus menggunakan lip balm. Tentunya, kondisi ketergantungan seperti ini juga tidak sehat dan tidak baik.

Penggunaan lip balm dapat membuat kulit iritasi.

Bahan perasa dan penambah aroma pada lip balm, yang terbuat dari bahan kimia tertentu, bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Meski hal ini hanya terjadi pada beberapa orang, namun cukup rentan terjadi. Hal ini karena lapisan kulit pada bibir yang sangat tipis dan sensitif, sehingga sangat rentang terjadi iritasi. Untuk itu, pilihlah lip balm yang natural dan tanpa perisa kimiawi.

Membuat Lip Balm Sendiri dari Bahan Alami

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari sejumlah efek samping, seperti yang sudah dijelaskan di atas, adalah dengan membuat sendiri lip balm dari bahan-bahan alami. Dengan membuat sendiri lip balm ini, akan menjamin bahwa bahan yang digunakan semuanya adalah bahan alami, yang tentunya lebih aman.

lip balm alami

Berikut ini resep cara pembuatan lip balm untuk merawat bibir kering dan menjaga kelembaban lapisan kulit bibir.

Persiapan Bahan

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1/4 cup beeswax atau lilin lebah.
    Beeswax merupakan sejenis lilin alami yang dihasilkan dari sarang lilin lebah. Bahan ini cukup banyak digunakan sebagai bahan kosmetik, terutama yang berbentuk balsem ataupun krim.
  • 1/4 cup minyak kelapa (coconut oil).
  • 1/4 cup cocoa butter.
  • Essential oil secukupnya.
    Essential oil digunakan sebagai pewangi alami (penambah aroma) atau perisa alami. Pilihlah essential oil dari peppermint, jeruk, orange, atau essential oil lainnya yang sesuai selera Anda.

Cara Membuat

Untuk membuat lip balm buatan sendiri ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tempatkan beeswax, minyak kelapa, dan cocoa butter pada wadah mangkok atau gelas tahan panas. Panaskan dengan menggunakan microwave hingga semua bahan mencair.
  2. Saat semua bahan mencair, aduk-aduk dengan gerakan memutar menggunakan sendok stainless.
  3. Periksa tingkat kepadatan/kekenyalan campuran dengan memperhatikan bahan/lapisan yang menempel dan mengeras di sendok. Apabila kurang keras, tambahkan beeswax. Sementara, bila kurang encer/kurang kenyal, tambahkan minyak kelapa.
  4. Setelah didapatkan tingkat kepadatan yang tepat, segera tabahkan beberapa tetes essential oil. Panaskan kembali.
  5. Setelah cukup panas, aduk-aduk hingga suhu mulai turun, lalu tuang pada wadah lip balm yang sudah disiapkan. Anda juga dapat menempatkannya pada wadah krim yang sudah dibersihkan.

Lip balm buatan Anda sendiri sudah bisa digunakan.

Tips dan Variasi Pilihan.

Anda dapat mempertimbangkan penggunaan minyak zaitun, minyak almond, atau minyak lainnya selain minyak kelapa. Hal ini tentunya dengan mempertibangkan khasiat yang diinginkan, karena sejumlah minyak tersebut memiliki khasiat dan kandungan yang berbeda-beda.

Anda juga dapat menambahkan pewarna alami, misalnya dari sari buah delima yang telah benar-benar matang. Sari buah delima yang telah matang berwarna merah yang dapat memberikan warna natural pada bibir. Selain itu, sari buah delima juga mengandung antioksidan, sehingga akan menambah khasiat lip balm yang Anda buat.

Selamat mencoba, lalu tuliskan komentar Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah.

2 thoughts on “Resep Membuat Lip Balm untuk Bibir Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *