Sejumlah Bahan Alami yang Bisa Mengobati Jerawat

mengobati jerawatBahan-bahan alami untuk mengobati jerawat ada banyak sekali di sekeliling kita. Sehingga Anda yang mempunyai jerawat di wajah bisa mengatasinya tanpa perlu bersusah payah untuk pergi ke dokter kulit yang biasanya membutuhkan biaya mahal. Seperti kita ketahui, masalah jerawat bisa dibilang adalah masalah buat semua orang, karena bisa dialami oleh siapa saja, terutama oleh mereka yang berusia muda dan memiliki aktivitas yang cukup tinggi.

Penyebab Terjadinya Jerawat dan Infeksi di Kulit.

Jerawat bisa terjadi dikarenakan oleh berbagai faktor, antara lain:

Kurangnya menjaga kebersihan kulit.

jerawat pada lapisan kulitKulit yang kurang dijaga kebersihannya sangat rentan terhadap terjadinya jerawat. Kotoran yang menempel di kulit, apabila tidak segera dibersihkan dapat masuk ke dalam pori, menyebabkan timbulnya bakteri dan kuman yang bersarang di dalam pori. Keberadaan bakteri dan kuman ini menimbulkan benjolan infeksi dan peradangan jerawat.

Faktor hormonal.

Jerawat juga banyak terjadi disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh, yaitu faktor hormonal. Jerawat yang diakibatkan oleh faktor hormonal biasanya terjadi pada usia remaja dan wanita yang sedang dalam masa haid, yaitu masa di mana kerja hormon di dalam tubuh sedang tidak stabil.

Jerawat karena faktor hormonal juga sering terjadi pada ibu hamil dan menyusui, serta pada orang-orang yang menjalankan kontrasepsi (KB) suntik. Pada ibu hamil dan menyusui juga terjadi ketidakstabilan kerja hormon di dalam tubuh, sementara pada orang yang sedang dalam program KB suntik, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh yang sengaja dilakukan. Akibat dari perubahan hormonal ini, kulit mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri, sehingga mudah mengalami jerawat.

Jerawat karena faktor nutrisi.

Selain karena 2 faktor yang sudah disebutkan di atas, jerawat juga bisa terjadi akibat dari faktor asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh. Kelebihan sejumlah nutrisi di dalam tubuh, misalnya protein dan asam amino, bisa menyebabkan jerawat. Sejumlah makanan yang memiliki kadar protein dan asam amino cukup tinggi dipercaya bisa meningkatkan resiko terjadinya jerawat (dan bisul), antara lain adalah telur dan kacang-kacangan. (wah, padahal makanan-makanan tersebut memiliki gizi yang sangat tinggi, dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, ya?)

 

Bahan-Bahan Alami yang Bisa Mengobati Jerawat

kulit kusam dan jerawat  Pada artikel Kawanita.com berikut ini, kita juga akan membahas mengenai beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat yang timbul di wajah. Beberapa bahan yang akan dibahas berikut ini, merupakan bahan yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri alami. Ada pula yang dapat digunakan sebagai anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak, hingga yang berkhasiat untuk mempercepat pemulihan luka bekas jerawat.

Masker Buah Pepaya untuk Menghaluskan Kulit.

Penggunaan daging buah pepaya ini bisa Anda lakukan dengan cara mengoleskan pada wajah Anda. Masker daging buah pepaya ini bisa membantu mengurangi jerawat pada wajah Anda. Selain itu, masker daging buah pepaya dapat membantu memperbaiki kulit wajah yang kasar. Khasiat pepaya yang bagus untuk wajah ini dikarenakan pepaya mengandung enzim papain dimana enzim ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit.

Temulawak sebagai Anti Bakteri Alami Kulit.

temulawak untuk jerawatBahan alami lain yang dapat Anda pergunakan adalah temulawak. Bahan aktif yang terdapat pada temulawak ini mempunyai efek anti bakteri dan peradangan pada kulit wajah Anda.

Tea Tree Oil sebagai Anti Bakteri.

Selain temulawak yang mempunyai efek anti bakteri, minyak pada daun tea tree ini juga mempunyai efek anti bakteri yang sama dengan temulawak. Pada sebuah penelitian juga sempat disebutkan kalau efek spesifik dari anti bakteri dalam daun tea tree ini memang khusus menyebabkan jerawat.

Kunyit yang Berkhasiat sebagai Anti Peradangan.

Kunyit memang sangat berguna dalam penyembuhan jerawat karena mengandung curcumin. Bahan aktif pada jenis tanaman satu ini dapat menimbulkan efek anti peradangan, mempercepat pemulihan luka karena jerawat yang pecah, dan juga efek anti oksidan.

Manggis sebagai Anti Oksidan dan Anti Peradangan.

Satu lagi jenis tanaman yang cukup menjadi tren dalam ilmu pengobatan, yaitu manggis. Sudah banyak perusahaan yang bekerja di bidang kesehatan yang memanfaatkan ekstrak buah yang satu ini. Buah Manggis terkenal mempunyai fungsi sebagai anti bakteri, anti oksidan dan anti peradangan, sehingga sangat cocok untuk mengatasi sejumlah masalah jerawat.

Lidah Buaya.

lidah buaya untuk menghilangkan bekas lukaLidah buaya memang sangat terkenal mempunyai banyak kegunaan. Dari zaman dahulu, lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Namun, lidah buaya ini juga bagus untuk kesehatan wajah Anda terutama untuk melawan jerawat serta mengobati berbagai bekas luka di kulit, termasuk bekas luka jerawat.

Perawatan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengoleskan bagian dalam lidah buaya pada jerawat di wajah Anda. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghasilkan hasil yang diinginkan yaitu sembuhnya jerawat. Dengan pengolesan ini, jerawat Anda dapat mongering dan mengelupas.

Bawang Putih.

Bahan aktif pada bawang putih bisa juga Anda manfaatkan untuk pengobatan jerawat di wajah Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengkonsumsi bawang putih setiap harinya. Namun untuk beberapa orang yang tidak menyukai bawang putih ini, bisa juga dengan cara lain. Yaitu dengan menumbuk bawang putih ini dan dioleskan pada bagian wajah Anda yang berjerawat. Diamkan dahulu tumbukan bawang putih ini, setelah itu baru Anda bilas sampai bersih wajah Anda. Lakukan hal ini berulang-ulang pada wajah Anda yang berjerawat sampai jerawat Anda sembuh.

Catatan: bawang putih dapat menimbulkan iritasi pada jenis kulit sensitif.

Gunakan Masker Organik maupun Masker Herbamask untuk mengatasi jerawat. Selain ampuh untuk mengatasi jerawat, kedua masker tersebut juga efektif untuk mengurangi bekas luka jerawat.

 

Semua pengobatan memang dibutuhkan ketelatenan Anda dalam mengobati. Selain itu, rawatlah wajah Anda dengan baik agar jerawat tidak mudah muncul pada wajah Anda. Beberapa bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat di atas dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *